Cara Mengatasi Halaman Error 404 Dengan Redirect

12/27/2016
Cara Mengatasi Halaman Error 404 Dengan Redirect - Error 404, page not found, atau halaman URL tidak ditemukan adalah pesan galat yang terjadi karena ada sebabnya. Sebuah post atau laman yang dulunya ada di blog namun karena sesuatu dan lain hal kini hilang, sedangkan chace nya masih ada di penelusuran atau url tersebut tertanam ditempat lain. Ketika ada ada yang mengklik hendak mengunjungi, maka yang didapat adalah error 404 dan macam-macam sebutannya.

Tentu saja ada dampak yang kurang baik bagi blog bersangkutan. Dari segi pandangan visitor tentu akan mengecewakan.

Error 404
Page Not Found

Nah, agar pengunjung yang kecewa karena tidak menemukan post yang dia cari, sebaiknya arahkan atau redirect ke artikel lain, alangkah bagusnya jika masih ada hubungannya dengan halaman yang error 404 tersebut.
Bagaimana caranya?
Ada dua cara sederhana yang bisa kita pakai untuk mengalihkan page not found atau error 404. Yang pertama dengan "redirect to same page" mengalihkan ke page yang serupa dan kedua "redirect to homepage" mengalihkan ke halaman utama blog.
  • redirect to same page (mengalihkan ke halaman serupa)
    Cara ini sebetulnya yang paling dianjurkan oleh mayoritas webmaster. Karena masih berkaitan dengan halaman yang sebelumnya hilang atau terhapus. Jadi, pengunjung tidak akan sadar bahwa yang mereka klik sebetulnya sudah tidak ada. Namun, berkat pengalihan ke halaman yang serupa/mirip visitor tentu tidak akan merasa terjebak atau dibohongi. Caranya, copy kode script berikut :
      <script type = "text/javascript">
      yukita_redirect = setTimeout(function() {
      window.location.href = 'URL post/laman tujuan';
      }, 10);
      </script>
  • redirect to homepage (mengalihkan ke halaman utama blog)
    Cara berikut ini adalah solusi akhir dari Cara Menyelamatkan URL Error 404. Karena pengunjung tidak akan menemukan artikel yang dia tuju, melainkan diarahkan ke homepage blog. Tapi, masih ada kemungkinan kekecewaan mereka akan berkurang jika isi/content blog mayoritas masih ada hubungan dengan URL yang error tersebut. 
    Caranya, copy script ini :
      <script type = "text/javascript">
      page_redirect = setTimeout(function() {
      window.location.href = 'URL Blog anda';
      }, 5);
      </script>

Cara Menyelamatkan URL Error 404 Dengan Redirect

Lalu dimana harus meletakkan kode script diatas?
- Login ke blogger
- Selanjutnya seperti gambar dibawah ini :

page not found, Error 404, halaman tidak ditemukan
Pasang kode script redirect ERROR 404

Keterangan :
Langkah 1 : setelah didashboard blogger, pilih "setelan/setting"
Langkah 2 ; lalu pilih "prefensi penelusuran"
Langkah 3 : masukkan kode, silahkan pilih metode redirect yang mana
Langkah 4 : klik "simpan perubahan"

Menurut pendapat saya, redirect ini sangat penting untuk kelangsungan blog kita. Karena jika dibiarkan akan ada dampak buruknya. Selain pengunjung yang kabur, bisa juga berpengaruh dengan blog yang akan di anggap "kurang sehat" oleh google, karena seolah-olah tidak terawat. Tentu saja akan mempengaruhi kualitas SEO pada blog kita. Maka dari itu, sebaiknya gunakan Cara Menyelamatkan URL Error 404 Dengan Redirect untuk mengurangi munculnya error pada perayapan yang dilakukan search engine.

Nah, mungkin tips ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang sudah berkenan mampir kesini. Jika sahabat mempunyai cara lain, silahkan berbagi dikolom komentar. Thanks alot and regards..!!
  
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Wah work banget gan, ane dah coba

    BalasHapus
  2. Makasih min, sekarang udah jarang muncul udah teratasi semua :D

    BalasHapus
  3. wah boleh diterapkan ini, pasti ada yg ngalamin juga pengunjung ketika berkunjung ke blog kita

    BalasHapus